PEMERINTAH KABUPATEN SUMBAWA BARAT
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA`
Jalan Bung Karno Komplek KTC 66 Telp./ Fax.0372 -81792
|
SOAL UJI COBA III UJIAN
NASIONAL BAHASA INDONESIA KELAS XII
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
Paragraf
berikut untuk soal nomor 1 dan 3.
Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
(1)Aksen suara bayi ternyata didapat
ketika masih berada di kandungan bukan ketika sudah lahir. (2) Hasil
penelitian di Jerman tersebut dimuat di jurnal Current Biology. (3) Aksen
suara bayi yang didapat dalam kandungan inilah yang menyebabkan intonasi
tangisan bayi yang lahir dari orang tua dari Prancis berbeda dengan intonasi
tangisan bayi yang dilahirkan orang tua Jerman. (4) Para peneliti mengatakan
bayi mendengar dan belajar melodi bahasa bukan setelah mereka dilahirkan,
melainkan pada tiga semester terakhir dalam kandungan. (5) Sebagai contoh
intonasi bayi Prancis naik dan intonasi bayi Jerman turun, seperti intonasi
umum kedua bangsa itu.
|
1. Ide
pokok paragraf di atas adalah…
A. Sebagai
contoh intonasi bayi Prancis naik dan intonasi bayi Jerman turun
B. Aksen
suara bayi ketika masih berada di kandungan
C. Para
peneliti mengatakan bayi mendengar dan belajar melodi bahasa
D. Hasil
penelitian di Jerman
E. Perbedaan
inovasi bayi Prancis dan Jerman
2. Kalimat utama paragraf tersebut adalah …
A. (1) D.
(4)
B. (2) E.
(5)
C. (3)
3. Kalimat
yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah …
A. (1) D.
(4)
B. (2) E.
(5)
C. (3)
Bacalah dengan cermat
teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-5
(1) Belakangan ini dengan dihapusnya
subsidi BBM yang menyebabkan melambungkan harga BBM di Indonesia, batu bara
mulai diliririk. (2) Dalam perhitungan Firdaus Ahmad Dirut PT Indonesia Power, bahan bakar ini lebih
murah dibandingkan BBM. (3) Bila mengggunakan solar atau Pembangkit Listrik
Tenaga Diesel (PLTD), harga listrik
mencapai Rp 500,00 per KWh. (4) Dengan batu bara, biaya pembangkitan hanya
sekitar Rp 50,00 per KWh. (5) Ada yang mengatakan akan menghemat biaya kurang
lebih Rp 30,00 miliar per tahun.
|
4. Kalimat
yang berisi fakta pada paragraf tersebut adalah …
A. 1
dan 2 C. 2 dan 4 E. 1 dan 5
B. 2
dan 3 D. 3 dan
4
5. Kalimat
yang berisi opini pada paragraf tersebut
adalah …
A. 1
dan 5 C.
4 dan 5 E. 3 dan 4
B. 1
dan 3 D.
3 dan 5
Teks
berikut untuk soal nomor 6-8
Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Temperatur udara di Kota Malang, Jawa Timur,
naik mencapai 30,5º Celsius. Mulai pagi hingga siang hari udara Kota Malang
terasa panas. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)
Karangploso, Amat Subekti, Rabu mengemukakan naiknya suhu udara di Malang
disebabkan radiasi tanah yang menyerap panas sinar matahari. Dari data
pantauan stasiun BMKG Karangploso, suhu udara di Malang naik dari rata-rata
28-29º Celsius menjadi 30,5º Celsius.
|
6. Mengapa suhu udara di Malang menjadi naik?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah …
- pemanasan global D. permukaan air laut naik
- radiasi matahari sampai ke bumi E. radiasi tanah yang menyerap panas matahari
- rotasi bumi
7. Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah …
A. Temperatur udara di Kota Malang, Jawa Timur, naik mencapai 30,5º
Celsius.
B. Naiknya suhu udara di Malang disebabkan radiasi tanah yang
menyerap panas sinar matahari.
C. Suhu udara di Malang tidak mengalami peningkatan.
D. Suhu udara di Malang naik karena peristiwa bumi semakin mendekati
matahari.
E. Suhu udara di Malang naik karena efek rumah kaca.
8. Arti istilah kata yang
bercetak miring pada kalimat ketiga paragraf tersebut adalah …
A. jumlah tenaga cahaya D.
gelombang cahaya
B. pemancaran partikel E.
aliran gelombang
C. pemancaran gelombang
9. Perhatikan Biografi di bawah ini!
Berbagai cerita sering beredar di masyarakat mengenai Sultan Hamengku
Buwono IX yangmenggambarkannya sebagai orang yang suka mengemudikan mobil ke
mana-mana dan sering juga memberi lift atau
tumpangan pada rakyat biasa.Berikut ini rekaman percakapan bersama Sultan
Hamengku Buwono IX. Hamengku Buwono IX : Sebenarnya saya memang sering
memberi tumpangan pada orang. Kasus
yang satu ini saya ingat betul karena kemudian saya membacanya di koran. Ketika itu saya sedang mengemudikan jeep
dari Sleman menuju Yogya. Seorang
wanita menyetop saya di pinggir jalan, mengatakan mau ikut ke pasar
Kranggan. Saya berhenti, menolongnya
mengangkat dagangannya ke atas kendaraan dan saya bawa dia ke pasar
Kranggan. Sesampai di tempat tujuan,
saya turunkan barang-barang dagangan itu, kemudian ia mau memberi
ongkos. Tetapi saya menolak dan
kembali ke kendaraan, terus pergi.
Saya tahu hanya sampai di situ.
Bahwa, kemudian pedagang itu pingsan setelah tahu siapa saya, saya
membaca di koran.
|
Keteladanan Sri Sultan Hamengku Buwono IX
sesuai teks adalah....
A. Sultan
Hamengku Buwono suka mengemudikan kendaraan
tanpa pengawal.
B. Seorang
pemimpin yang pamrih menolong
kesulitan rakyatnya.
C. Kepemimpinannya
menolong orang lain tanpa melihat latar belakangnya.
D. Kebiasaan
membaca koran untuk mengetahui perkembangan dan keadaan rakyatnya.
E. Kepemimpinannya
yang membuat pedagang pingsan
Tabel di bawah ini untk
menjawab soal nomor 10-11
Tabel Jumlah Siswa Baru SMA
Negeri 1 Brang Rea Tahun 2006-2011
No.
|
Tahun
|
Laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
2006
2007
2008
2009
2010
2011
|
30
45
45
58
60
88
|
52
37
55
65
90
107
|
82
93
100
123
150
175
|
10. Pernyataan
yang sesuai dengan tabel di atas adalah…
A.
Jumlah siswa baru pada tahun 2007 lebih
sedikit dari pada tahun 2006
B.
Setiap tahun siswa baru mengalami penurunan
C.
Jumlah siswa laki-laki pada tahun 2007 dan
2008 sama
D.
Jumlah siswa perempuan setiap tahun mengalami
peningkatan
E.
Perbandingan jumlah siswa baru perempuan dan
laki pada tahun 2010 adalah 1:2
11. Simpulan
tabel tersebut adalah…
A. Setiap
tahun jumlah siswa baru mengalami penurunan
B. Setiap
tahun jumlah siswa baru mengalami peningkatan
C. Setiap
tahun siswa baru mengalami fluktuasi (turun naik)
D. Setiap
tahun jumlah siswa baru yang laki
mengalami penurunan
E. Jumlah
siswa perempuan setiap tahun mengalami peningkatan
Kutipan untuk soal
nomor 12- 14
Cermati kutipan
hikayat berikut!
“Sungguh berani Muda Cik Leman! Dia sudah
menantangku! Hai, Muda Cik Leman!” lanjut Panglima Batu semakin penasaran.
“Rasakan pembalasan kami! Kami akan datang menghukummu dan membawa pulang gadis
Cik Inam ke Petukal!”
“Ia sudah lancang membunuh saudaraku!”
Jelatang Api meraung. “Kau tak akan lolos dari tangan kami, hai Muda Cik Leman.
Kau harus menerima hukuman yang setimpal. Dan, gadis Cik Inam harus dapat kami
bawa ke negeri Petukal!”
“Adinda Jelatang Api!” seru Panglima Batu.
“Ya, Kakanda!” sahut Jalatang Api.
“Siapkan sepuluh ribu pasukan dan sembilan
puluh sembilan kapal perang. Kita serang Muar dan meratakannya dengan tanah.
“Baik, Kakanda!”
Tanpa menunggu perintah selanjutnya,
Jelatang Api keluar dari istana saudaranya. Ia segera mengumpulkan puluhan
orang panglima perang dan ratusan hulubalang. Mereka diperintahkan untuk
mengumpulkan sepuluh ribu prajurit untuk segera menyerbu Negeri Muar. Jelatang
Api juga mempersiapkan armada perang Negeri Petukal. Tak kurang sembilan puluh
sembilan kapal perang disiapkan untuk menyerang Muar.
Panglima Batu dan Jelatang Api amat marah
atas perbuatan Muda Cik Leman. Mereka tidak lagi mengusut penyebab terjadinya
peristiwa tragis itu. Mereka hanya tahu, Muda Cik Leman telah membunuh saudara
mereka. Dan mereka harus balas dendam.
Dikutip dari: Hikayat
Muda Cik Leman, Sudarno Mahyudin
12. Isi yang diungkapkan dalam penggalan hikayat
tersebut adalah …
A. Balas
dendam dapat mengangkat nama baik
keluarga
B. Nasihat
Panglima Batu kepada adiknya Jelatang Api.
C. Kemarahan
Panglima Batu kepada Jelatang api atas kematian saudaranya.
D. Negeri
Patukal memiliki armada perang yang sangat kuat.
E. Keinginan
balas dendam Panglima Batu dan Jelatang Api kepada Muda Cik Leman.
13. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan
hikayat tersebut adalah …
A. Sayangilah
saudara dan teman-teman kita.
B. Bersikap
sopanlah kepada orang yang tidak kita kenal.
C. Mendengarkan
hasutan orang akan mencelakakan diri sendiri.
D. Jangan
melakukan balas dendam apabila tidak mengetahui duduk persoalannya.
E. Apabila
berbuat salah segeralah minta maaf.
Kutipan novel berikut untuk mengerjakan
soal nomor 15 -16
Bacalah kutipan berikut dengan saksama!
Marni
yang muncul bersama Tini dan kedua adik tirinya sudah sampai ke halaman rumah
Bu Mantri. Ia berjalan menunduk. Marni segera menjadi pusat perhatian. Semua
orang yang berada di sana diam. Hening. Suasana tiba-tiba berubah mencekam.
Seolah-olah mereka menunggu sesuatu yang luar biasa akan terjadi.
Di pintu Marni mengucapkan salam.
Pelan sekali. Kemudian matanya berkeliling mencari laki-laki yang baru pulang
dari pengasingan di pulau B itu. Karman bangkit dari duduknya. Gerakannya
tenang saja, tetapi nyata sekali tangannya bergetar. Perempuan yang selama dua
belas tahun dirindukan sekarang berada di hadapannya.Yang selama ini pula
menjadi angan-angannya. Yang tanpa dia Karman hampir bertekad memusnahkan
dirinya sendiri. Di mata Karman, Marni tetap cantik, atau bahkan lebih cantik
karena kini sudah matang.
Apa yang sedang menyapu perasaan
Karman, demikian pula yang dirasakan Marni. Dan apabila Karman berhasil
menguasai perasaannya, Marni tidak. Bagaimana juga ia seorang perempuan. Ada
sesuatu yang terasa mendidih dan meluap dalam dada Marni. Tubuhnya bergoyang.
Lalu ia bergerak ke arah Karman. Mulutnya terbuka, tetapi ada kekuatan yang
mencegahnya bergerak lebih lanjut. Dari mulut Marni terdengar suara tertahan,
“Mas, … Mmmmas Karman!”
Hanya itu, karena kemudian Marni
tidak lagi bergerak. Ia berhenti dalam keadaan yang ganjil. Tangannya
seakan-akan hendak menggapai ke depan, tetapi tubuhnya condong ke belakang.
Beberapa detik Marni tetap demikian. Lama-lama tubuhnya goyang. Karman cepat
menangkap tubuh Marni sebelum perempuan itu roboh ke tanah.
Sumber:
Kubah, Ahmad Tohari
14. Konflik yang terdapat dalam kutipan novel
tersebut adalah …
A. Hati
Marni bergejolak ketika ia mengetahui Karman, bekas suaminya, telah kembali
dari pengasingan
B. Marni menjadi pusat perhatian di kalangan
orang-orang yang berada di rumah itu.
C. Marni
harus bertemu dengan Bu Mantri, orang yang berpengaruh di kampung itu.
D. Marni
meninggalkan suaminya yang sedang sakit di rumah.
E. Marni
harus berbohong kepada bekas suaminya bahwa ia sudah menikah lagi.
15. Sudut
padang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah..
A.
Sudut pandang orang pertama pelaku utama D.
Sudut pandang orang ketiga serba tahu
B.
Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan E. Sudut pandang orang kedua
C.
Sudut pandang orang ketiga pelaku utama
16. Nilai
moral yang terdapat pada penggalan novel di atas adalah…
A. Seorang
istri harus menangis ketika bertemu dengan mantan suami
B. Seorang
mantan suami harus mencintai suaminya
C. Suami-istri
harus tetap saling menyayangi
D. Berkata
dengan jujur demi kebaikan
E. Istri
tidak perlu setia kepada suami yang telah berada di rantauan
17. Bacalah
kutipan drama berikut dengan saksama!
Calon menantu :
Ke Australia saja, Bu As. Di sana kan sedang musim panas.
Bu As : Ya, ngapain ke sana. Cuma melihat kanguru.
Sudah ada, tuh, di sini. Di kebun binatang. Kenapa mesti ke sana.
Pak Hanafi : Alasan rematik, alasan kanguru,
orang tidak punya tabungan saja, Ibu berlagak …
Bu As : Siapa
tahu ada yang mengongkosi …
Pak Hanafi :
(Agak marah) Bu, di depan calon menantu jangan ngomong begitu, nanti
dikiranya nyindir …
Calon menantu : (Sambil meringis) Saya sudah kebal
kok, Pak, oleh sindiran. Saya memang orang yang bebar-benar tidak punya.
Bu As :
(Menjadi berang) Bapak menuduh asal-asalan. Memangnya aku minta
diongkosi oleh menantu …
Sumber: BSE Bahasa dan
Sastra Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII Muhammad Rohmadi dan Yuli Kusumawati
Masalah yang diungkapkan
dalam kutipan naskah drama tersebut adalah …
A. Calon menantu kepada calon mertua.
B. Perdebatan dalam keluarga tentang tujuan berlibur.
C. Seorang suami yang menuduh istri.
D. Saling menuduh dalam keluarga.
E. Ketidak kompakan dalam keluarga.
Teks
puisi berikut untuk soal nomor 18 dan 20
Bacalah teks puisi berikut dengan saksama!
Mama
Burung
dara jantan yang nakal
Yang
sejak dulu kau piara
Kini
terbang dan telah menemukan jodohnya
Ia
telah meninggalkan kandang yang kau buatkan
Dan
tiada akan pulang
Buat
selama-lamanya
W.S.
Rendra
18.
Makna lambang kata “burung dara jantan” pada bait puisi tersebut adalah …
A. anak
perempuan D. seorang ibu
B. anak
pemberani E.
anak laki-laki
C. seorang
gadis
19. Maksud puisi tersebut adalah …
- Anak laki-laki yang memberitahukan kepada ibunya bahwa ia telah menemukan jodohnya.
- Anak perempuan yang minta izin kepada ibunya untuk meninggalkan rumah, ikut suaminya.
- Ibu yang ditinggal mati oleh anak laki-laki kesayangannya setelah menikah dengan gadis pilihannya.
- Anak laki-laki yang sangat nakal diusir oleh ibunya karena durhaka dan tidak patuh kepada orang tua.
- Anak yang meninggalkan rumahnya karena kawin lari dengan seorang gadis pujaan hatinya.
20. Cermatilah gurindam
berikut!
Sekali kamu ingkar janji
Punahlah tentu jati diri
|
Maksud
gurindam tersebut adalah…
- Kalau harga diri tidak ingin jatuh jangan sekali-kali mengingkari janji.
- Harga diri kita akan terjaga dengan janji-janji yang kita berikan kepada orang lain.
- Setiap orang mudah membuat janji, tetapi hanya sedikit yang dapat menepatinya.
- Janji yang dilontarkan seseorang akan mencerminkan jati diri pribadi orang itu.
- Kepunahan jati diri seseorang menyebabkan ia mengingkari janjinya sendiri.
21. Bacalah
kutipan pantun berikut!
Kera
di hutan berlompat-lompat
Si
pemburu memasang jerat
Hina
sungguh sifat mengumpat
Dilaknat
Tuhan dunia akhirat
|
Maksud pantun tersebut adalah…
A.
Orang akan
hina kalau lihat kera yang melompat.
B.
Tuhan membenci
orang yang suka mengumpat.
C.
Tuhan
mengampuni dosa mengumpat.
D.
Sifat orang
yang mengumpat sama dengan kera yang melompat-lompat.
E.
Sifat
manusia yang mengumpat.
Perhatikan pernyataan di
bawah ini untuk menjawab soal nomor 22-24
Berdasarkan latar belakang daripada
masalah yang mana telah dikemukakan oleh penulis, maka perumusan
masalahnya adalah :
Bagaimana proses daur ulang kotoran
gajah menjadi kertas?
22.
Letak kesalahan pernyataan di atas adalah..
A. Penggunaan
kata dikemukakan seharusnya di kemukakan.
B. Kata
penulis seharusnya diganti dengan kata kami
C. Penggunaaan
kata berdasarkan yang kurang tepat
D. Pengunaan
kata daripada dan yang mana, yang masih salah.
E. Kata
oleh diganti dengan dari
23. Perbaikan
kalimat tersebut agar efektif adalah...
A. Berdasarkan
latar belakang daripada masalah, maka penulis merumuskan masalah
“Bagaimana proses daur ulang kotoran
gajah menjadi kertas ?”
B. Berdasarkan
latar belakang penulis, maka pembahasan daripada masalah adalah ”Bagaimana
proses daur ulang kotoran gajah menjadi kertas ?”
C. Berdasarkan
latar belakang masalah, penulis merumuskan masalah :
Bagaimana proses daur ulang kotoran gajah menjadi kertas?
D. Latar
belakang daripada masalah yang penulis bahas adalah : “Bagaimana proses daur ulang kotoran gajah
menjadi kertas?
E. Latar
belakang yang mana dikemukakan oleh penulis akan dibahas dalam masalah
”Bagaimana proses daur ulang kotoran gajah menjadi kertas ?”
24.Cermati paragraf deskripsi berikut ini!
Kamar itu sangatlah besar dan
bagus. Sebuah tempat tidur besi besar dengan kasur, bantal, guling, dan
kelambu yang serba putih, berenda dan berbunga putih, berada di kamar dekat
dinding sebelah utara. Kemudian, satu cermin oval besar tergantung di dinding
selatan. Di kamar itu juga ada tempat
pakaian yang amat besar sekali terbuat dari kayu jati. Lemari kukuh itu
tepat berada di samping pintu kamar.
|
Perbaikan kalimat yang tidak efektif
(tercetak miring) pada paragraf tersebut adalah …
- Di kamar itu juga ada tempat pakaian yang amat besar.
- Di sana juga ada tempat pakaian yang besar sekali terbuat dari kayu jati.
- Di dalamnya juga terdapat lemari yang amat besar terbuat dari kayu jati.
- Di kamar itu ada lemari besar yang terbuat dari kayu jati.
- Di kamar itu juga terdapat lemari yang sangat besar sekali terbuat dari kayu jati.
25.Cermati
paragraf berikut!
Menteri
Pendidikan Muhammad Nuh menjelaskan, pihaknya tidak akan melakukan perubahan
total terhadap … kurikulum pendidikan yang selama ini sudah diterapkan.
Namun, beliau hanya memasukkan substansi pendidikan kewirausahaan pada
kurikulum pendidikan. … kurikulum
berbasis kewirausahaan, pada dasarnya adalah pembentukan karakter
kewirausahaan pada peserta didik termasuk rasa ingin tahu, fleksibilitas …,
kreativitas, dan kemampuan berinovasi.
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah …
A. bentuk,
substansi, berpikir D. pola, substansi, berfikir
B. bentuk,
substansi, berfikir E. bentuk, substan, berfikir
C.
kerangka, substansional, berpikir
26. Cermati
paragraf berikut!
Salah satu cara untuk lebih memperkenalkan … batik Cimahi ialah
dengan mendirikan pusat pelatihan dan … batik bernama “Lembur Batik Cimahi”,
di Jalan Pesantren, Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi. Pemkot Cimahi sebagai
mitra kerja ingin memproyeksikan … masyarakat dengan membatik yang
digambarkan melalui ciri khas Cimahi yang ke depannya lebih dikenal
masyarakat di luar Cimah.
|
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
A. eksis,
gallery, kreatif D eksistensi, gallery, kreativitas
B. eksistensi,
gallery, kreatif E.
eksistensi, galeri, kreativitas
C. existensi,
galleri, kreativ
27. Cermati
paragraf berikut!
Budaya merupakan
benang yang … antarnegara. Budaya bisa … nilai-nilai untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Oleh
karena itu, mari kita berbagi kesamaan warisan seni dan saling … antarnegara
di dunia.
|
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah …
A. berhubungan,
mensejajarjan, berdekatan D. menghubungkan, mensejajarkan,
mendekati
B. berhubungan,
sejajar, mendekatkan E.
menghubungkan, menyejajarkan, mendekatkan
C. menghubungkan,
disejajarkan, didekatkan
28. Cermati
paragraf berikut!
Belum ada penelitian final yang
menyatakan … radiasi yang dihasilkan oleh ponsel memberikan pengaruh buruk …
kesehatan. Namun, ada baiknya … kita mulai mencegah kemungkinan terkena
dampak buruk radiasi sejak dini.
|
Kata
penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
A. jika, bagi, kalau D.
kalau, bagi, bilamana
B.
bahwa, jika, bagi E. kalau, jika, bagi
C. bahwa,
bagi, jika
29. Cermati
paragraf berikut!
Malam
itu …. Di langit, bintang berkelip-kelip memancarkan cahaya. Hawa dingin
menusuk kulit. Sesekali suara jangkrik terdengar …. Suara burung malam dan
kelelawar menambah sepinya malam. Angin berembus ….
|
Frasa
adjektiva yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …
- indah sekali, sangat nyaring, damai sekali D. sangat gelap, amat sangat keras, sangat damai
- sangat indah, riuh sekali damai sekali E. indah sekali, nyaring sekali, dengan lembut
- indah sekali, dengan nyaring, dengan damai
30. Cermati
paragraf berikut!
Khoilid…..dengan girang. Anak laki yang bertubuh agak gemuk dan
berkulit putih yang berusia 5 tahun itu langsung menemui ibunya yang baru
pulang dari pasar dengan membawa….yang…. seperti baru dipetik dari pohonnya.
|
Kata ulang ulang yang tepat untuk melengkapi
paragraf di atas adalah…
A. menangis-menangis, buah-buah, kecut-kecut. D. menangis-menangis, buah-buahan,
segar-segar.
B. melompat-lompat, buah-buahan, segar-segar. E. menggeleng-geleng, buah-buahan,
segar-segar.
C. melompat-lompat, daun-daunan, kecut-kecut.
31. Cermati
paragraf berikut!
Aan merupakan salah satu pemain sepak bola
KSB yang sangat pintar. Ia tetap menjadi…. dalam setiap bermain. Banyak
penonton yang …. melihat permainannya dan selalu mengharumkan nama baik KSB.
|
Ungkapan yang
tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah…
A.
idola,
melambaikan tangan D.
bunga desa, angkat tangan
B.
bintang
lapangan, acungkan jempol E.
bintang lapangan, angkat kaki
C.
ringan
tangan, pandang sebelah mata
32. Cermati
penggalan drama berikut!
Pristi : Aduh, bagaimana ini, aku belum mengerjakan
tugas dari Pak Yudi. ( sambil
mencari buku
Matematikanya)
Burhan : Memangnya tugas apa, Pris? Kok sepertinya
tugas itu berat sekali.
Pristi : Sebenarnya tugas itu tidak begitu sulit. Tapi
saya agak malas
mengerjakannya,
Kak Fatir : Kalau mengerjakan sesuatu itu jangan
setengah-setengah atau malas, karena
pasti hasilnya tidak
memuaskan. Ingatlah peribahasa … itu Pristi.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi
kutipan drama tersebut adalah …
- Kurang tunjuk kurang mengajar.
- Dari ujung turun ke sampan.
- Berguru kepalang ajar, bagai bunga kembang tak jadi.
- Belajar ke yang pintar, berguru ke yang pandai.
- Hidup berakal, mati beriman.
33.
Bacalah paragraf analogi berikut!
Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot
yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik
yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang
tangguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan.
|
Simpulan
yang tepat untuk melengkapi paragraf analogi tersebut adalah …
- Jadi, para atlet dan tentara memiliki otot yang kuat dan lentur.
- Dengan demikian, diperlukan latihan secara serius agar cita-cita menjadi tentara dapat tercapai.
- Jadi, untuk menjadi atlet seseorang harus memiliki fisik dan mental yang kuat sama halnya jika ingin menjadi tentara.
- Oleh karena itu, atlet dan tentara harus rajin berolahraga agar fisik mereka kuat.
- Maka dari itu, diperlukan latihan rutin agar fisik dan mental yang kita miliki kuat.
34. Bacalah paragraf generalisasi berikut
dengan saksama!
Pemerintah telah menjadikan Pulau
Komodo sebagai habitat pelestarian komodo. Di Ujung Kulon, pemerintah membuat
cagar alam untuk pelestarian badak bercula satu. Selain itu, sejumlah
undang-undang dibuat untuk melindungi hewan langka dari incaran pemburu.
|
Kalimat
simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf generalisasi tersebut adalah …
- Pemerintah harus bertindak tegas terhadap pemburu hewan langka.
- Undang-undang yang telah ditetapkan pemerintah harus ditaati semua pihak.
- Program ini berjalan lancar dengan dukungan semua pihak.
- Banyak cara yang telah dilakukan pemerintah untuk melestarikan hewan-hewan langka
- Kita dukung pemerintah untuk melestarikan habitat komodo di Indonesia.
35. Bacalah paragraf sebab akibat berikut
ini dengan saksama!
Setiap hari Nurlaila selalu belajar dengan tekun
meskipun tidak ada jadwal ulangan dan
tugas dari guru. Nilai tugas
dan ulangannya hampir selalu tertinggi di kelasnya. Tidak hanya itu selama 5
semester ini, sudah empat kali menjadi juara umum di sekolahnya. Dalam
pergaulan pun dia sangat ramah dan membantu teman-temannya yang mengalami
kesulitan dalam belajar.
|
Kalimat berupa akibat yang sesuai dengan isi
paragraf untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
- Nurlaila menjadi siswi teladan di sekolahnya
- Banyak yang membenci Nurlaila di selokahnya karena merasa tersaingi
- Nurlaila malu kepada teman-temannya
- Nurlaila boleh tidak ikut UAN
- Teman-teman Nurlaila selalu
36.
Setiap pagi aku harus bangun pukul
04.00, itu pun pasti sudah keduluan ibuku. Sedih rasanya melihat beliau
setiap pagi harus bangun pagi-pagi membuat makanan untuk bekal kami
sekeluarga. Kami memang tidak pernah diberi uang saku, jadi bekal
satu-satunya adalah makanan dari ibu. Tugasku adalah memotong sayuran yang
akan dimasak. Setelah selesai menyiapkan bahan yang akan dimasak, aku mandi
terlebih dahulu supaya nanti tidak berebut dengan adik-adikku. Maklum kamar
mandi kami hanya satu sementara jumlah keluarga kami ada lima orang.
Setelah mandi, aku menyiapkan alat-alat sekolahku sambil menggoreng tempe
atau tahu. Menyiapkan meja makan dan bekal untuk kedua adikku di sekolah nanti
adalah tugasku terakhir pagi itu…
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraf narasi di atas adalah…
A. Ayah
dan kedua adikku mandi secara bergiliran.
B. Tak
lama kemudian kami sekeluarga berangkat sekolah
C. Orang
tuaku hebat
D. Makan
pagi sangat penting karena kami membutuhkan energi untuk hari itu.
E. Sungguh
indah kebersamaan kami pagi itu.
37. Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan
saksama!
1. Masyarakat yang melihat kejadian itu segera membawa
mereka ke puskesmas Brang Rea.
2. Tabrakan itu terjadi antara sepeda motor yang dikendarai
oleh siswa dan seorang bapak serusia
sekitar 40 tahun.
3. Kecelakaan itu berawal dari pengendara sepeda motor yang
dikendarai oleh siswa tersebut melaju dengan kencang dan menabrak bapak
tersebut yang membalikkan motornya tanpa
menolehke belakang terlebih dahulu.
4. Sekitar sebulan yang lalu terjadi tabrakan di jalan dekat SMP Negeri 1
Brang Rea.
5. Akibatnya kedua pengendara dan salah seorang siswi SMA
Brang Rea yang diboncengi yang diboncengi oleh siswa itu terpental ke jalan.
Urutan kalimat
yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah....
A. 2-3-5-4-1 D.
3-4-5-2-1
B. 2-5-3-1-4 E.
4-2-3-5-1
C. 4-3-2-1-5
38. Cermatilah penggalan teks pidato
berikut!
Rekan-rekan dan hadirin yang saya banggakan.
Sudah saatnya kita sebagai generasi muda untuk bangkit dari tidur dan
menunjukkan kepada dunia bahwa kita pun mampu. Kita punya sesuatu yang berharga
yang patut diperhitungkan. Kita pastikan bahwa kita bukan generasi sampah yang
bisanya hanya menjadi beban orang tua dan beban lingkungan. Sebagai pelajar
barangkali kita dapat menentukan nasib kita demi masa depan.
Kalimat
ajakan yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
- Rekan-rekan marilah kita mengisi kemerdekaan yang telah dicapai oleh pahlawan ini dengan semangat belajar yang tinggi.
- Mari kita bersama-sama menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu sejajar dengan bangsa-bangsa asing di luar sana.
- Saya berpesan kepada rekan-rekan, marilah kita manfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah.
- Oleh karena itu, kita harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita agar segala yang kita cita-citakan dapat tercapai.
- Jelaslah bahwa kita harus segera bertindak menyelamatkan negara ini dari pengaruh asing.
39. Tema
karya tulis : Persamaan hak antara laki-laki dan perempuan.
Kalimat
latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut adalah …
- Kedudukan laki-laki di atas segalanya ternyata benar.
- Kaum perempuan tugasnya hanya mengurus rumah tangga saja.
- Hak mengurus rumah tangga adalah suami dan istri itu sendiri.
- Masih dijumpai perbedaan hak antara laki-laki dan permpuan.
- Hak kaum laki-laki hanya mencari nafkah.
40. Rumusan
masalah yang sesuai dengan karya tulis tersebut adalah…
A. Bagaimakanah
wujud cara menyamakan hak antara laki-laki dan perempuan?
B. Apakah
hak antara laki-laki dan perempuan sudah sama?
C. Benarkah
hak antara laki-laki dan perempuan berbeda?
D. Mengapa
hak antara laki-laki dan perempuan berbeda?
E. Bagaimanakah
peran laki-laki dan perempuan dalam rumah tangga?
Perhatikan penggalan tajuk rencana di
bawah ini!
Tajuk rencana ini untul menjawab soal
nomor 41-42
Beberapa rezim pemerintahan
yang berkuasa memberi perhatian pada sektor pendidikan, tetapi kurang
memadai. Pemerintah terjepit keharusan membayar cicilan bunga maupun utang
pokok pinjaman, yang makin lama makin membesar hingga melampaui tingkat batas
yang ditoleransi, dari 20% hingga melebihi 30%. Di lain pihak, sektor-sektor
lain seperti infrastruktur juga memerlukan perhatian. Ironisnya,
anggaran yang sudah menipis itu masih juga dikorupsi hingga yang terkadang
hanya cukup untuk kegiatan rutin.
Melihat kenyataan ini pemerintah harus mempunyai perhatian besar dan
menidak tegas para koruptor tesebut.
|
41. Opini
penulis dalam tajuk rencana tersebut adalah..
A. Pemerintah
harus mempunyai perhatian besar dan menindak tegas para koruptor.
B. Beberapa rezim pemerintahan yang berkuasa memberi perhatian pada
sektor pendidikan, tetapi kurang memadai.
C. Pemerintah terjepit keharusan membayar cicilan bunga maupun utang
pokok pinjaman
D. Di lain pihak, sektor-sektor lain seperti infrastruktur juga
memerlukan perhatian.
E. Anggaran
yang sudah menipis itu masih juga dikorupsi.
42. Pihak
yang dituju dalam rajuk rencana tersebut adalah…
A. guru D.
hakim
B. orang
tua E.
jaksa
C. pemerintah
43. Perhatikan penulisan judul karya ilmiah di
bawah ini
jurus jitu menjawab soal uan dan spmb bagi
siswa serta calon mahasiswa
Penulisan judul yang tepat sesuai dengan EyD
adalah..
A. JURUS
JITU MENJAWAB SOAL UAN dan SPMB bagi
SISWA serta CALON MAHASISWA
B. Jurus
Jitu Menjawab Soal Uan dan SPMB bagi Siswa serta Calon Mahasiswa
C. jurus
jitu menjawab soal uan Dan SPMB Bagi siswa Serta calon mahasiswa
D. Jurus
Jitu Menjawab Soal Uan Dan SPMB Bagi Siswa Serta Calon Mahasiswa
E. Jurus
Jitu menjawab Soal Uan dan SPMB Bagi Siswa Serta Calon Mahasiswa
44. Perhatikanlah paragraf di bawah ini
Buku
yang berjudul Cermin dan Malam Ganjil (Sebuah Antologi Bersama FLP) merupakan
antologi dari beberapa penulis kenamaan yang tergabung dalam sebuah wadah
kepenulisan, yaitu Forum Lingkar Pena (FLP). Anggota FLP ini sudah mencapai
sekitar 3.500 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara.
Sebanyak 17 orang penulis yang sudah tidak asing lagi di dunia tulis menulis
memberikan karya emasnya untuk dibukukan dalam buku antologi cerpen ini, di
antaranya Asma Nadia, Izzatul Jannah, Gola Gong, Pipiet Senja, dan Yus R.
Ismail.
Kalimat
resensi yang berupa keunggulan buku berdasarkan penjelasan tersebut adalah …
A. Forum
Lingkar Pena merupakan wadah bagi penulis muda berbakat.
B. Asma
Nadia dan Izzatul Jannah merupakan penulis yang tergabung dalam Forum Lingkar
Pena.
C. Anggota
Forum Lingkar Pena mencapai 3.500 penulis yang tersebar di seluruh Indonesia.
D. Bahasa
dalam buku Cermin dan Malam Ganjil samgat halus dan lembut sehingga dapat
mengena di hati pembaca.
E. Banyak
karya emas beberapa penulis ternama dibukukan dalam buku Cermin dan Malam
Ganjil.
45.
Baca dan Cermati
puisi berikut!
Cemara menderai sampai
jauh
Terasa hari akan malam
Ada beberapa dahan di
tingkap merapuh
…..
Aku sekarang orangnya bias
bertahan
Sudah berapa waktu bukan
kanak lagi
Tapi dulu memang suatu
bahan
Yang bukan dasar
perhitungna kini
|
Karya: Chairul Anwar
Larik bermajas personifikasi yang tepat untuk
melengkapi puisi tersebut adalah…
A. Dipukul
angin yang terpendam D. Kakinya
terjepit , sakit sekali
B. Aku
teringat masa laluku E.
Aku sedih ditinggal pergi
C. Ditampar
dengan tangan kanan
46.
Baca dan Cermati
pantun berikut!
Anak ayam turunnya lima
Mati seekor tinggallah
empat
Kita hidup mesti beragama
………………………………
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi pantun di atas adalah..
A. Beribadah
kepada Tuhan Yang Maha Esa D. Supaya
hidup tidaklah sesat
B. Saling
menghormati sesame manusia E.
Ayo kita solat
C. Supaya
semua orang bahagia
47. Perhatikanlah paragraf di bawah ini!
Dalam novel Laskar Pelangi pengarang
menggunakan sudut pandang orang pertama. Narator merupakan salah satu tokoh
dalam kisah, seorang anak Melayu Belitung. Pilihan sudut pandang orang pertama
seperti ini punya keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri dan pengarang dapat
mendayagunakannya dengan lebih baik. Yang mengganggu adalah narator berkisah
seperti orang dewasa. Membaca Laskar Pelangi seperti membaca Andrea Hirata yang
sudah besar bertutur kepada pembaca. Bahasa sang narator terlalu rumit dan
terlalu modern untuk seorang anak kecil (atau remaja). Lalu kenapa? Bukankah
memang kenyataannya demikian? Ya. Namun dalam suatu novel narator tidak selalu
harus dipandang sama dengan pengarang itu sendiri. Bila pengarang adalah lelaki
Jawa berumur 20-an, naratornya bisa punya identitas lain: misalnya seorang
Eropa yang tinggal di Indonesia, seorang
perempuan tua Sunda berumur berumur 70-an, atau seorang Cina yang mengungsi
karena kerusuhan tahun 1998.
Kalimat kritik yang sesuai dengan penjelasan
dalam paragraf tersebut adalah …
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam novel Laskar Pelangi merupakan pengalaman pribadi Andrea Hirata.
- Cerita-cerita dalam novel Laskar Pelangi mudah dipahami karena menggunakan bahasa ilmiah.
- Salah satu tokoh utama dalam novel Laskar Pelangi berperan sebagai narator. Narator tersebut adalah anak kecil di Pulau Belitung, tetapi suara yang terdengar masihlah Andrea Hirata dewasa.
- Cerita dalam novel Laskar pelangi dapat memenuhi impian penulisnya.
- Tokoh dalam novel Laskar pelangi tidak tergambar dengan jelas.
48.
Pengurus Osis SMA Negeri
1 Taliwang akan mengadakan seminar untuk memperingati Hari Pendidikan tahun 2012. Kegiatan tersebut akan
diadakan pada hari Rabu, 2 Mei 201,
jam 08.00 – 12.00 WIB , bertempat di Aula SMA Negeri 1 Taliwang.
|
A. Karena
kami akan memperingati Pendidikan, kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir
pada,
HARI,
TANGGAL : RABU, 2 MEI 2012
WAKTU : PUKUL 08.00 – SELESAI
TEMPAT : AULA SMA NEGERI 1 TALIWANG
ACARA : SEMINAR
B. Kami
akan memperingati hari Pedidikan. Karena itu mengundang Bapak/Ibu untuk hadir
pada,
hari, tangga :
Rabu, 2 Mei 2012
waktu :
pukul 08.00 – 12.00 Wita
tempat
: aula SMA Negeri 1 Taliwang
acara :
seminar
C. Dalam
rangka memperingati Hari Pendidikan , kami mengundang Bapak/Ibu untuk hadir
pada,
hari, tanggal : Rabu, 2 Mei
2012
waktu :
pukul 08.00 – 12.00 Wita
tempat :
aula SMA Negeri 1 Taliwang
acara :
seminar
D. Hadirlah
dalam peringatan Hari Pendidikan yang akan kami adakan pada,
hari,
tanggal : Rabu,
Mei 2012
waktu :
pukul 08.00 – 12.00 Wita
tempat :
aula SMA Negeri 1 Taliwang
acara :
seminar sehari
E. Oleh
karena kami akan memperingati Hari
Pendidikan , maka Bapak/Ibu harap hadir pada,
HARI, TANGGAL
: Rabu, 2Mei 2012
WAKTU
: pukul 08.00 – selesai
TEMPAT
: aula SMA Negeri 1
Taliwang
ACARA
: seminar sehari
49. Perhatikan kalimat surat lamaran
pekerjaan di bawah ini!
Demikian surat lamaran pekerjaan ini
saya buat. Atas segala perhatian dan
kebaikan Bapak, saya menyampaikan rasa terima kasih.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah
…
- Dengan diterimanya saya bekerja, saya mengucapkan terima kasih sekali.
- Demikian surat lamaran saya, dan untuk itu saya menyampaikan terima kasih.
- Atas diterimanya saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.
- Atas kebaikan Bapak, saya ucapkan terima kasih.
- Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
50. Perhatikanlah penggalan dialog
drama di bawah ini!
Ibu : Kenapa Kau tidak pergi tidur dulu? (Agan
hanya tertegan sedikit, lalu monda-mandir lagi. Ibu menuruti dengan mata ada
terbayang kesalnya)
Ibu :
Jangan mondar-mandi gitu Adang!
Adang :
Apa kata ibu?
Ibu :
jangan mondar-mandir, kubilang! (Adang
memandang ibu dengan tak senang. Ia
meneruskan langkah-langkah sebagai menantang)
Ibu : Adang!
Adang : ……….
Ibu :
jangan seperti orang linglung. Berbuatlah apa-apa.
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi dialog Adang pada kutipan drama tersebut adalah…
A.
Mengapa ibu marah? D. Ada apa, Bu?
B. Ibu panggil saya? E.
Jadi, aku mesti bagaimana?
C Ibu sebaiknya diam!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar